PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALIMIN SANDIKA BANYUASIN

JUPERAYANA, JUPERAYANA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALIMIN SANDIKA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Juperayana 13270049.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Scince) pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟alimin Sandika Banyuasin?, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Scince)pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟alimin Sandika Banyuasin? dan Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika?. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Untuk tes analisa data, penulis menggunakan TSR dan analisa uji „t‟. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang memperoleh nilai 6 orang (23%), sedang sebanyak 16 orang (61,6%), dan rendah sebanyak 4 orang (15,4%). Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat dikatakan baik dengan siswa memperoleh skor tertinggi 6 orang (23%), sedang sebanyak 18 orang (69%), dan rendah sebanyak 2 orang (8%). Hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji “t” didapatkan besarnya dengan df 25 diperoleh “t” tabel (tt) pada taraf signifikan 5% sebesar 2,06 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 2,79. Ternyata hasil to lebih besar dari tt yang besarnya 2,06 dan 2,79 yaitu : 2,06 <14,26> 2,79. Dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud bendakelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item View Item