ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ASPEK RESEPTIF DAN PRODUKTIF SISWA KELAS IV SDN 143 PALEMBANG

Rahmaniar, Erita (2021) ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ASPEK RESEPTIF DAN PRODUKTIF SISWA KELAS IV SDN 143 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan dan kecekatan menggunakan bahasa yang meliputi mendengar atau menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Menyimak dan membaca merupakan aspek reseptif, berbicara dan menulis merupakan aspek produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berbahasa pada aspek reseptif dan produktif siswa kelas IV SD N 143 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskrptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Sehingga data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi kemudian disajikan, lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) keterampilan berbahasa pada aspek reseptif siswa tergolong baik, dengan persentase sebesar 91% siswa menguasai keterampilan berbahasa reseptif dan 9% siswa yang kurang menguasai keterampilan berbahasa pada aspek reseptif yakni, pada keterampilan menyimak dan keterampilan membaca siswa juga sudah baik. Siswa mampu memahami apa yang didengar atau yang disimak pada saat pembelajaran, dan siswa sudah mempu membaca lancar dengan intonasi yang jelas dan tidak terbata-bata serta volume suara jelas dan penggunaan jeda yang tepat. 2) Keterampilan berbahasa pada aspek produktif pada siswa kelas IV D SD N 143 Palembang tergolong baik, sebesar 94% siswa menguasai keterampilan berbahasa pada aspek produktif dan sebesar 6% siswa yang kurang menguasai keterampilan berbahasa pada aspek produktif. Dimana siswa yang terampil dalam berbahasa produktif memiliki keterampilan berbicara dan menulis yang baik, siswa dapat berbicara dengan ketepatan pengucapan, kefasihan dan kosa kata yang digunakan dengan tepat dan dapat menulis dengan penggunaan huruf kapital dengan benar, tanda baca dan kosa kata dengan tepat. Kata kunci: Keterampilan Berbahasa, Reseptif, Produktif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbahasa Reseptif Produktif
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:29
Last Modified: 27 Sep 2021 07:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item View Item