PERBEDAAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH KELAS X DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

SARI, HELEN MONICA (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH KELAS X DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HELEN MONICA SARI 13222047.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X di SMA „Aisyiyah 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh karena seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan soal tes kognitif dan lembar observasi. Berdasarkan hasil data menggunakan uji t pada taraf nyata 5% hasil thitung = 7,607 dan ttabel = 2,026, maka thitung > ttabel. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uj-t kognitif siswa menunjukkan sig thitung 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator kognitif siswa pada pretest mencapai 69,34 sedangkan kognitif siswa pada posttest mencapai 83,82 artinya kemampuan kognitif siswa lebih tinggi setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X di SMA „Aisyiyah 1 Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Kognitif Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:30
Last Modified: 27 Sep 2021 07:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item