PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATERI IPA KELAS VII IPA DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

PURNAMA SARI, RITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATERI IPA KELAS VII IPA DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi 1235 fix kaset.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru yang menggunakan media dan model tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pembelajaran terjadi transfer (pemindahan) sejumlah ilmu pengetahuan, kemampuan teknologi, kebudayaan, nilai-nilai, maupun berbagai macam keterampilan. Oleh karena itu, pembelajaran harus berlangsung secara nyaman bagi peserta didik. Model pembelajaran aktif tipe Index Card Match adalah suatu pencarian kartu index dimana kartu index terbagi menjadi kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Dalam pembelajaran ini peserta didik akan terlibat secara aktif dan seluruh siswa akan turut serta dalam model yang mengandung unsur permainan ini. Dengan pembelajaran ini peserta didik akan mampu bekerja sama dengan peserta didik yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas VII MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang diambil kelas VII.D dan VII.E. Penelitian ini dilakukan selama dua kali pertemuan dengan instrumen penilaian berupa lembar angket (postest). Lembar angket tersebut adalah lembar angket minat belajar siswa, dengan menggukur empat indikator minat belajar siswa yaitu ketertarikan siswa, perhatian siswa, keterlibatan siswa dan perasaan senang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa semua yang diungguli oleh kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa didasari oleh nilai thitung 4,913 > ttabel 1,993, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan berdasarkan skor rata-rata minat belajar siswa bahwa untuk skor kelas kontrol yaitu sebesar 63,205 dan kelas eksperimen sebesar 68,805. dimana pada keempat indikator minat belajar yaitu ketertarikkan, perhatian, keterlibatan, dan perasaan senang, nilai persentase kelas eksperimen lebih sangat tinggi dari pada kelas kontrol. Selanjutnya saran para Guru MTs Patra mandiri Plaju Palembang, diharapkan model active learning tipe index card match dapat digunakan sebagai model pembelajaran karena dengan model ini siswa akan lebih aktif dalam beraktivitas sehingga minat belajarnya dapat tumbuh dan terjaga. Kata Kunci: Index Card Match; Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:30
Last Modified: 27 Sep 2021 07:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item