PENGARUH PENERAPAN MODEL VAK (VISUAL AUDITORIAL KINESTHETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

ANGRAINI, SELLY (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL VAK (VISUAL AUDITORIAL KINESTHETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi, medote dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model VAK terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Najahiyah Palembang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual Auditorial Kinesthetik) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di MI Najahiyah Palembang. Jenis penelitian ini berupa desain true-experimental dalam bentuk posttest-only control group. Dengan pendekatan kuantitatif. Populasi diambil hanya dari kelas V yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-test “t”. Penerapan model pembelajaran VAK (visual auditorial kinesthetik) terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Najahiyah Palembang sudah berjalan baik dari setiap tahap pelaksanaannya, sehingga siswa mudah memahami meteri yang disampaikan serta menjawab soal tes dengan baik dari guru. Proses pembelajaran juga sudah berjalan secara afektif karena bisa dilihat dari keaktifan siswa di dalam kelas selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas V di MI Najahiyah Palembang sebelum duterapakan Model VAK (Visual Auditorial Kinesthetik) 12 siswa dengan presentase (41,37 %), tergolong tinggi 10 siswa dengan persentase (34,48%) tergolong sedang 7 siswa dengan presentase (24,13%), tergolong rendah. Hasil belajar siswa setelah diterapakan Model VAK (Visual Auditorial Kinesthetik) 3 siswa dengan presentase (10,34%), tergolong tinggi 21 siswa dengan presentase (72,41%) tergolong sedang 5 siswa dengan presentase (17,24%) tergolong rendah. Pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK dengan yang belum menggunakan model pembelajaran VAK pada mata pelajaran IPA kelas V di MI NAajahiyah Palembang , berdasarkan perbandingan persentasenya dilihat bahwa menggunakan model VAK lebih besar dibandingkan yang belum menggunakan model VAK, dan juga dilihat dari hasil perbandingan uji untuk model VAK yaitu “t” yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada “t” table, baik dari pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% 2,00 < 3,94 > 2,65. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK dengan yang belum menggunakan model VAK pada mata peljaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, dan dilihat dari hasil persentase menunjukkan model VAK terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:31
Last Modified: 27 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item