KARTIKA, DINA (2018) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL INTEGRATED (KETERPADUAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I s.d BAB 5 DINA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi permasalahan yang penulis temui di kelas dengan penyebabnya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang efektif. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan upaya perbaikan pengajaran Matematika khususnya untuk materi Operasi Hitung Campuran dengan menerapkan model pembelajaran tematik tipe Integrated. Model Integrated merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi. Hal ini dipelajari siswa tanpa menghubungkan kebermaknaan dan keterkaitan antara satu pelajaran dengan pelajaran lainnya. Setiap mata pelajaran diajarkan oleh guru yang berbeda dan mungkin pula ruang yang berbeda. Setiap mata pelajaran memiliki ranahnya tersendiri dan tidak ada usaha untuk mempersatukannya. Setiap mata pelajaran berlangsung terpisah dengan pengorganisasian dan cara mengajar yang berbeda dari setiap guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan situasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik tipe Integrated untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MIN Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaan tematik tipe Integrated. Untuk mengumpulkan data, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa: 1) lembar observasi; 2) soal tes. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 6. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV C Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman. Hasil yang diperoleh dari skor pre test dan post test, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran dengan menggunakan model Integrated. Di mana pada pre test terdapat skor rata-rata kelas 40 dengan 11 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang tidak tuntas, dengan skor tertinggi 8 dan skor terendah 0. Sedangkan pada post test terdapat skor rata-rata kelas 50,9 dengan 16 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas, dengan skor tertinggi 9 dan skor terendah 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12467 |
Actions (login required)
View Item |