PENGARUH KETELADANAN GURU AGAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 PALEMBANG

BASTINA, BASTINA (2017) PENGARUH KETELADANAN GURU AGAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
lengkap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Keteladanan Guru Agama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN 2 Palembang. Dalam penelitian ini membahas permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni, keteladanan guru agama dan motivasi belajar yang dimiliki siswa di MAN 2 Palembang. penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana keteladanan guru agama di MAN 2 Palembang? Bagaimana motivasi belajar siswa di MAN 2 Palembang? dan adakah pengaruh antara keteladanan guru agama terhadap motivasi belajar siswa di MAN 2 Palembang? Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif (mengelola data angka). Oleh karena itu guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti melakukan observasi di MAN 2 Palembang. Agar penelitian dapat terarah dengan baik maka difokuskan pada permasalahan yang akan dibahas yaitu terbatas pada pengaruh keteladanan guru agama terhadap motivasi belajar siswa di MAN 2 Palembang. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa di MAN 2 Palembang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 979 siswa. Dari populasi tersebut diambil 209 siswa sebagai sampel subjek penelitian. Apaun teknik pengumpulan data dailakukan dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistik Produk Moment. Setelah dilakukan penelitian dan dianalisis melalui rumus TSR, keteladanan guru agama di MAN 2 Palembang termasuk dalam kategori sedang karena dari 209 responden terdapat 18,66% atau 39 responden yang menyatakan kategori tinggi, 67,94% atau 142 responden yang menyatakan kategori sedang dan 13,39% atau 23 responden yang menyatakan kategori rendah. Adapun motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang karena dari 209 responden terdapat 30,14% atau 64 responden yang menyatakan kategori tinggi, 62, 20% atau 130 responden yang menyatakan kategori sedang dan 7, 65% atau 16 responden yang menyatakan kategori rendah. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa ada pengaruh antara keteladanan guru agama terhadap motivasi belajar siswa di MAN 2 Palembang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan analisis Produk Moment dengan hasil 0,31 yang lebih besar dari harga “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,138 maupun pada taraf 1% = 0,181 sehingga hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:32
Last Modified: 27 Sep 2021 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item