EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG

SYAIFUSSIDDIQIN, AHMAD (2018) EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Paradigma Palembang”. Metode demonstrasi adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Dengan menggunakan metode demonstrasi, guru telah memfungsikan seluruh alat indera murid, karena proses belajar-mengajar dan pembelajaran yang efektif adalah bila guru mampu memfungsikan seluruh panca indera murid. Kenyataan yang ada di MTs Paradigma Palembang, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran yang digunakan guru di sekolah tersebut cenderung monoton dan membosankan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang efektivitas penerapan metode demonstrasi dalam meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Paradigma Palembang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar kelas VII MTs Paradigma Palembang?, Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar Kelas VII MTs Paradigma Palembang?, Bagaimana Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar Kelas VII MTs Paradigma Palembang?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.a dan VII.b MTs Paradigma Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, pretest-postest, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh t0 sebesar 24. Perhitungan t0 dengan membandingkan tt baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,06 < 24 > 3,45. Dengan demikian, berarti Ha yang berbunyi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (X) dengan kelompok yang tidak menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (Y) dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Paradigma Palembang diterima dan HO ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:33
Last Modified: 27 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item