IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPINGPADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 MODEL PALEMBANG

NASRUN FADHIL, MUH (2017) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPINGPADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MUH NASRUN FADHIL 08270037.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan Motivasi belajar kelas V di MIN 2 Model Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena pentingnya motivasi belajar agar tercapai tujuan pembelajaran dan selama ini siswa dalam mengikuti pelajaran IPS cendrung rebut, dan guru belum menggunakan metode mind mapping ini pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia. Jadi peneliti mengadakan penelitian mengenai implementasi metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi keanekaragaman suku bangsa di Indonesia di MIN 2 Model Palembang. Pembahasan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Metode Mind Mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VA di MIN 2 Model Palembang ? Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum implementasi metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPS kelas VA di MIN 2 Model Palembang ? Bagaimana Motivasi belajar siswa sesudah Implementasi Metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPS kelas VA di MIN 2 Model Palembang ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang dikelas V terdiri dari 16 laki-laki dan 19 perempuan. Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah Observasi, angket, dokumentasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah “ r” Product Moment. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu : pertama Implementasi Metode Mind Mapping dari hasil observasi guru semua indikator terlaksana. Kedua motivasi belajar siswa sebelum implementasi metode Mind Mapping kelas V kurang baik dengan melihat perhitungan skor tinggi 8 orang siswa dengan persentase 23%, sedang 16 orang siswa dengan persentase 46 % dan rendah 11 orang siswa dengan persentase 31%. Ketiga, Motivasi belajar siswa sesudah Implementasi Metode Mind Mapping menjadi baik dengan melihat perhitungan skor tinggi yaitu 10 orang siswa dengan persentase 28%, sedang 18 orang siswa dengan persentase 51% dan rendah 7 orang siswa dengan persentase 48%. Terdapat implementasi yang signifikan antara metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa dilihat dengan membandingkan besarnya” r ” yang diperoleh dalam perhitungan maka dapat diketahui bahwa ro adalah lebih besar dari rt yaitu , 0,250 < 3,837 > 0,325, maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan terdapat implementasi yang significant antara metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa kelas V di MIN 2 Model Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:34
Last Modified: 27 Sep 2021 07:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item