PENGARUH PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI KEPEMILIKAN DALAM ISLAM KELAS X DI MAN PANGKALAN BALAI BANYUASIN

LESTARI, LENI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI KEPEMILIKAN DALAM ISLAM KELAS X DI MAN PANGKALAN BALAI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL LENIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas dan tanggung jawab utama seorang pengajar adalah mengelola pengajaran dengan lebih efektif, dinamis, efisien dan positif, yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif diantara dua subjek pengajaran, guru sebagai penginisiatif awal dan pembimbing, sedang peserta didik yang terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pengajaran. Kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik, jalan pengajaran pun tampak kaku, kurang bergairah dalam belajar, kejenuhan dan kemalasan menyelimuti kegiatan belajar sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan pembahasan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode crossword puzzle pada mata pelajaran fikih materi kepemilikan dalam Islam di kelas X, kedua untuk mengetahui bagaimana hasil siswa setelah diterapkaan metode crossword puzzle pada mata pelajaran fikih materi kepemilikan dalam Islam di kelas X, ketiga bagaimana pengaruh penerapan metode crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi kepemilikan dalam Islam kelas X di MAN Pangkalan Balai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Pre Experimental Design Tipe One Group Pretets-Posttets Design, dengan jenis data kuantitatif, serta menggunakan sumber data primer dan skunder. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di MAN Pangkalan Balai dengan jumlah keseluruhan 730 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara acak dan kelas yang telah terpilih ada 2 yaitu kelas X MIPA3 dengan jumlah 41 siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di MAN Pangkalan Balai, sebelum menerapkan metode crossword puzzle hasil belajar siswa cenderung kurang bisa dilihat pada presentase 43.9% atau 18 orang responden yang mendapat skor rendah. Sedangkan dari 10 siswa mempunyai hasil belajar sedang dengan presentase 24. 5 % dan 13 siswa mempunyai hasil belajar tinggi dengan presentase 31.6 %. Setelah dilakukan perlakuan berupa pengajaran dengan menggunakan metode crossword puzzle, tingkat penguasaan materi siswa meningkat. presentase 53.6% atau 22 orang responden yang mendapat skor tersebut. Sedangkan dari 13 siswa mempunyai hasil belajar sedang dengan presentase 31.7% dan 6 siswa mempunyai hasil belajar rendah dengan presentase 14.7%. Pengaruh metode crossword pazzle terhadap hasil belajar siswa juga terlihat pada hasil uji hipotesis t yang menggunakan SPSS bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001  0,05, karena nilai sig hanya 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa untuk mata pelajaran fikih materi kepemilikan dalam Islam di kelas X MAN Pangkalan Balai Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:35
Last Modified: 27 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item