ANALISIS BUKU PAKET/TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PADA KURIKULUM 2013 MENURUT BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP)

LEVIS, MORIS (2018) ANALISIS BUKU PAKET/TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PADA KURIKULUM 2013 MENURUT BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
moris levis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku paket/teks merupakan sumber belajar utama bagi siswa, sehingga buku teks harus memiliki kualitas yang baik, untuk memperolehnya diperlukan kegiatan 11 perancangan terhadap buku teks pelajaran sesuai dengan kondisi pembelajaran yang ada. Buku paket/teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA Kurikulum 2013 edisi kedua yang dikeluarkan oleh pemerintah cukup bagus dalam pembelajaran, namun dalam proses implementasi perlu diketahui bagaimana kualitas buku paket/teks pelajaran tersebut sesuai dengan BSNP. Mengingat banyaknya permasalahan terkait dengan kualitas buku paket/teks pelajaran baik dari segi isi maupun penyajian termasuk buku paket/teks Pendidikan Agama dan Budi pekerti tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana isi buku paket/teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X pada Kurikulum 2013 menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)?. (2) Apakah buku paket/teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X pada Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)? Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku paket/teks pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan kesesuaiannya dengan BSNP pada mata pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku paket/teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang digunakan oleh peserta didik kelas X SMA. Dalam penelitian ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya pengumpulan data tanda menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda Check list Pada lembar penskoran seusai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikut adalah menghitung persentase skor dari setiap aspek yang dinilai. Hasil analisis pada buku paket/teks pendidikan agama islam dan budi pelerti kelas X sekoalh menengah atas (SMA) pada kurikulum 2013 menurut Badan Standar Nasioanal Pendidikan (BSNP) adalah sebagai berikut: (1) Dimensi Spiritual adalah sebesar 63, 63% atau pada kategori cukup. (2) Dimensi Sosial adalah sebesar 95,45% atau pada kategori sangat baik. (3) Dimensi Pengetahuan adalah sebesar 100% sangat baik. (4) Dimensi Keterampilan adalah sebesar 70,45% atau pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:50
Last Modified: 27 Sep 2021 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item