PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRSASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG

RUSMIYANTI, RUSMIYANTI (2017) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRSASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rusmiyanti Nim 12290055.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudulPengaruh Pengalaman MengajarTerhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang, pengaruh profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang, dan pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian populasi responden sebanyak 30 guru. Intrumen yang digunakan dalam peneliti ini adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis rumus statistik. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: ada pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yaitu 30 responden. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data primer yaitu data tentang pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru yang dapatkan dari setiap responden yang mengisi angket. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data pendukung dari angket yang disebar mengenai pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Dan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai lokasi penelitian serta sarana dan prasarana. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunkan tekhnik uji “t”. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, pengalaman mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang terkategorikan pada taraf sedang, hal ini dapat dibuktikan dari respnonde yang tergolong kategori tersebut mencanpai 15 responden atau (63,3%) dari 30 responden. Profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang terkategorikan pada taraf sedang, hal ini dapat dibuktikan dari responden yang tergolong kategori tersebut mencapai 15 responden atau (43,3%) dari 30 responden. Dan selanjutnya berdasarkan hasil analisa to sebesar 1,301 sedangkan “t” tabel 5%=2.04 dan pada taraf 1% = 2.76. to lebih kecil dari “t” tabel artinya tidak terdapat pengaruh positif antara pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item