PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

kurniawan, ferri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN).

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan jaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Dalam kondisi ini guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber belajar. Guru dituntut untuk dapat merancang pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai jenis media yang sesuai agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Tujuan penelitian in untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 286 siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, menunjukkan bahwa hasil skor angket siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena harga Km terletak antara -1 dan +1 dalam selang (-1 ˂ Km ˃ +1). Kemudian dilakukan uji homogenitas pada hasil skor angket siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa data homogen. Data dikatakan homogen jika nilai F hitung memiliki signifikasi lebih besar dari taraf kesalahan 5% atau 0,05. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus uji-t pada hasil skor angket siswa diperoleh t hitung sebesar 4.514 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan dk=(n1+n2-2) atau 38+38-2=74 dengan taraf signifikasi 5 % yaitu 1.992. Setelah dikonsultasikan ternyata t hitung˃t tabel atau 4.514˃1.992. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual memberikan pengaruh terhadap aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Untuk itu disarankan penggunaan media pembelajaran video interaktif dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item