PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

JUMA, ARYA ERCHA (2017) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ERCHAN ARYA JUMA 12270044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, peran kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perananan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtiaiyah Negeri 2 Model Palembang dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif artinya data yang berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer terdiri dari kepala sekolah dan guru dalam wawancara tentang peranan kepala sekolah selain itu juga dikumpulkan juga dengan data sekunder yang berkenaan dengan profil Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian disimpulkan bahwa peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang, meliputi kepala sekolah melakukan pembinaan kepada para guru, kepala sekolah mengadakan supervisi setiap tiga kali dalam satu semester, kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, kepala sekolah sebagai motivator dan fasilitator untuk para guru. Faktor�faktor yang mempengaruhi peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang yaitu pengawasan kepala sekolah terhadap guru, kedisiplinan kerja, faktor masyarakat, kerja sama, sarana dan prasarana, masalah dana

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item