PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI WATHONIYAH PALEMBANG

HR, Julius (2017) PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Julius HR 13270048.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan,bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemanfaatan media lingkungan pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan , dan apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Wathoniyah Palembang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian Time Series dsign. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 36 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada 2, yang pertama sumber data primer yaitu data yang dihimpun dari guru mata pelajaran dan siswa, yang kedua sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari arsip, dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Alat pengumpulan data yaitu: tes, observasi dandokumentasi. Analisis data menggunakan TSR dan korelasi product moment. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA terdapat peningkatan dari setiap pertemuan ke pertemuan selanjutnya dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA. Kedua, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemanfaatan media lingkungan pada mata pelajaran IPAterdapatperbedaaan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test siswa lebih rendah dibandingkan nilai post test siswa, yaitu pada pre test mendapat nilai rata-rata 49, sedangkan pada post test mendapatkan nilai 81.Ketiga, pengaruh pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan, dilihat dari hasil perhitungan Rxy (product moment) didapat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Wathoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item