PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP KETAATAN BERBADAH SISWA DI MAN 2 PALEMBANG

ARTASIA, ARTASIA (2018) PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP KETAATAN BERBADAH SISWA DI MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
artasia 13210046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dilihat dari segi lembaga antara SMA dan MAN, pelaksanaan pendidikan agama Islam lebih mewakili nilai tambah pada suatu lembaga yang basicnya kental dengan agama. Tapi kenyataannya pada saat ini justru berbanding balik. Justru pada suatu lembaga yang umumlah pembelajaran yang menyangkut tentang syariat Islam lebih teroptimal serta berdampak sekali terhadap pengaplikasian siswa itu sendiri. Semuanya itu tidak lepas dari peranan guru yang khususnya mengajar pelajaran tentang syariat Islam. Yang mana peran dari seorang guru yang pertama adalah sebagai koordinator belajar, perencanaan tugas bersama, fasilitator, pemandu aktifitas siswa, sehingga siswa mempunyai kebebasan berpikir dan bertindak sesuai dengan tujuan pengajaran yang bersifat komprehensif tidak mementingkan pembentukan pengetahuan saja, tetapi juga pembentukan keterampilan dan pembinaan sikap, serta menuntut siswa untuk dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh aktivitas pembelajaran fiqih terhadap ketaatan beribadah siswa di MAN 2 Palembang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas pembelajaran fiqih terhadap ketaatan beribadah siswa MAN 2 Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan tentang pengaruh aktivitas pembelajaran fiqih terhadap ketaatan beribadah siswa di MAN 2 Palembang. Populasi berjumlah 976 siswa dan sample berjumlah 35 siswa dengan menggunakan cluster sampling. Sumber data penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data skunder.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angketdan dokumentasi.Setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan diklasifikasikan selanjutnya dianalasis dan diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruhaktivitas pembelajaran fiqih terhadap ketaatan beribadah siswa di MAN 2 Palembang, dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas pembelajaran fiqih di MAN 2 Palembang termasuk dalam kategori sedang/cukup dengan berkisar nilai dari 0,40-0,70. Untuk mengetahui perhitungan nilai pada kategori sedang/cukup persentase dari perhitungan nilai yang diperoleh dikonsultasikan dengan table nilai “ r “ product moment, dengan terlebih dahulu mencari df nya = N – nr = 35-2 = 33. Dengan df sebesar 33 diperoleh harga “ r tabel “ pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,344, sedangkan taraf signifikan 1 % sebesar 0,442. Ternyata rx yaitu 0,567 maka jauh lebih besar dari pada rt, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:52
Last Modified: 27 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item