PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MIN 1 TELADAN PALEMBANG

MUTIA, MUTIA (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MIN 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MUTIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV A disebabkan karena pembelajaran yang tidak divariasikan dengan metode pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran dikelas. Melalui penerapan metode problem solving diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan metode problem solving pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang?, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang?, bagaimana pengaruh penerapan metode problem solcing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang, untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Teladan Palembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen (eksperimental research) bentuk one-group-pretest-posstest design. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan yaitu: pertama, penerapan metode problem solving pada mata pelajaran matematika telah dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya metode problem solving dapat diketahui bahwa hasil pree test siswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 8 orang siswa (26,7%), yang mendapat nilai sedang 13 orang siswa (43,3%) dan yang mendapat nilai rendah 9 orang siswa (30%). Dan post test siswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 4 orang siswa (13,4%), yang tergolong sedang 24 orang siswa (80%) dan yang mendapat nilai terendah adalah 2 orang siswa (6,6%). Ketiga, signitifikan pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dengan membandingkan besarnya “r” yang peneliti peroleh dalam perhitungan (r0= 1,391) yang tercantum pada tabel nilai “r” (rtabel 5% = 0,361 dan rtabel 1% = 0,463) maka dapat diketahui bahwa r0 lebih besar dari pada rtabel yaitu: 0,361 < 1,391 > 0,463. Maka hipotesis Nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode problem solving terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:52
Last Modified: 27 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item