IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 PEDAMARAN

KURNIAWATI, MILA (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 PEDAMARAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran word square pada materi lingkungan dan manfaatnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 04 Pedamaran, kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengimplementasikan model pembelajaran word square pada materi lingkungan dan manfaatnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 04 Pedamaran dan ketiga untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi model pembelajaran word square pada materi lingkungan dan manfaatnya dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di SDN 04 Pedamaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 04 Pedamaran yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, langkah-langkahnya yaitu melalui data reduction, data display, dan conslussion drawing. Hasil penelitian ini sebagai berikut 1) Penerapan model pembelajaran word square telah dilaksanakan dengan baik serta mendorong siswa aktif selama pembelajaran berlangsung dan melatih ketelitian siswa dalam menemukan jawaban. 2) Nilai rata-rata siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran word square pada siswa kelas Va yaitu 64,25, dan nilai rata-rata setelah penerapan model pembelajaran word square yaitu 85,75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran word square pada materi lingkungan dan manfaatnya di kelas Va SDN 04 Pedamaran. 3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran word square yaitu kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran dan adanya siswa yang kurang peduli dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran word square yaitu ketersediaan waktu yang cukup, lingkungan sekitar sekolah yang mendukung dan rasa ingin tahu siswa yang tinggi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square Hasil Belajar.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:53
Last Modified: 27 Sep 2021 07:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item