“PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

Dwi Amelia, : Rizki (2015) “PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tesis bab 1-5.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Penggunaan multimedia interaktif merupakan salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Terutama pada pembelajaran bahasa Arab yang selama ini terkesan monoton sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar siswa serta berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan menggunakan multimedia interaktif membuat materi ajar yang bersifat abstrak menjadi kongkrit sehingga anak-anak lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas X SMA Muhammadiyah 6 Palembang”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab sebelum diterapkan multimedia interaktif di kelas X SMA Muhammadiyah 6 Palembang?; (2) Bagaimana penerapan multimedia interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X SMA Muhammadiyah 6 Palembang?; (3) Bagaimana pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X SMA Muhammadiyah 6 Palembang?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif diperoleh jumlah siswa yang mendapat kategori tinggi sebanyak 9 orang siswa (24,32%), kategori sedang sebanyak 20 orang siswa (54,05%), dan kategori rendah sebanyak 8 orang siswa (21,63%). Sedangkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif diperoleh jumlah siswa yang mendapat kategori tinggi sebanyak 8 orang siswa (21,62%), kategori sedang sebanyak 21 orang siswa (56,76%), dan kategori rendah sebanyak 8 orang siswa (21,62%). Dengan diterapkannya multimedia interaaktif terlihat antusias siswa yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan, ini dikarenakan banyaknya siswa yang mau bertanya dan memperhatikan semua materi yang diberikan. Pada minat belajar siswa, Ha yang diajukan dapat diterima, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa karena thitung lebih besar dari ttabel 9,872 > 1,657. Dan juga pada hasil belajar siswa, Ha yang diajukan juga diterima, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa karena nilai thitung lebih besar dari ttabel 6,251 > 1,697.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:54
Last Modified: 27 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item View Item