PENGEMBANGAN MANUAL TEST BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SERTA IMPLEMENTASINYA DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG

YULIANI, EVITIA (2017) PENGEMBANGAN MANUAL TEST BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SERTA IMPLEMENTASINYA DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Evitia Yuliani Full (13222039).pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

HOTS merupakan suatu kegiatan evaluasi pembelajaran yang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa siswa belum mampu mengerjakan soal pada tingkat HOTS. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal (1) belum adanya panduan penyusunan soal HOTS untuk guru (2) kesadaran guru untuk membuat soal HOTS masih sangat rendah. Berdasarkan urgensi tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan manual test berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang layak dikembangkan di SMA Unggul Negeri 8 Palembang melalui tahap pengembangan tes menurut Mc Intire dan Miller (2007). Subjek dalam penelitian ini berasal dari 6 kelas meliputi X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 5, X IPS 1, dan X IPS 4 berdasarkan teknik cluster random sampling dengan acuan tabel Krejcie pada taraf signifikan 5% sehingga jumlah total keseluruhan adalah 197 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes HOTS. Hasil uji coba yang diperoleh melalui instrumen HOTS dengan analisis permodelan Rasch menunjukkan keseluruhan item HOTS fit dengan nilai reliabilitas pada kategori sangat bagus (0.93). Akan tetapi item 1 dan item 20 terjangkit DIF yang lebih berpihak terhadap kelompok IPS sehingga keputusan final item tersebut perlu dihapuskan. Secara keseluruhan instrumen riset pada penelitian ini menunjukkan bahwa ia mengukur apa yang seharusnya diukur karena telah memenuhi persyaratan unidimensionalitas sebesar 20%. Selain itu, manual test yang dikembangkan berada pada kriteria sangat layak (A) dengan tingkat persamaan persepsi para ahli sebesar 98.5%. Apabila dilihat pada tingkat responden terlihat bahwa 133 siswa memiliki HOTS tinggi sedangkan 64 siswa memiliki HOTS rendah dan 24 responden berada pada kriteria misfit yang didalamnya terdapat responden dengan HOTS tinggi. Hal ini mengindikasikan masih banyak siswa yang memiliki kemampuan HOT rendah. Estimasi ini didukung dengan hasil reliabilitas person yang menunjukkan kemampuan HOT person berada pada kriteria cukup (0.72)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:54
Last Modified: 27 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item