PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRETASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

ARMADA, MIKI (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRETASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandangan pendidikan lama untuk lulus kuliah, sarjana, baru mencari kerja kini mulai bergeser. Beberapa mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan kini mulai merasakan keresahan, kegelisahan dan keraguan tentang bagaimana mereka menempuh kehidupan di kampus dan setelah keluar dari kampus. Masa-masa “nyaman” dimana mahasiswa hanya duduk tenang di kelas sedikit demi sedikit mulai berubah seiring dengan semakin banyaknya mahasiswa yang bekerja atau berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bekerja; ditinjau dari motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa yang kuliah sambil bekerja; di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang kuliah sambil bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu meneliti populasi mahasiswa jurusan PAI angkatan 2012 yang kuliah sambil bekerja. Populasi tersebut berjumlah 40 mahasiswa dengan rincian 2 orang PAIS 01, 9 orang PAIS 03, 7 orang FIQH 01, 13 orang FIQH 02, 2 orang AQD 01, 4 orang AQD 02, dan 3 orang SKI. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu dua variabel bebas, yakni motivasi belajar dan kebiasaan belajar, dan satu variabel terikat, yakni prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Analisis dan penarikan kesimpulan berdasarkan pada sumber data yang diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi berkas KHS. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-F dengan menggunakan Uji Regresi Berganda (Multiple Regresion Test) dan Uji Regresi Sederhana (Regresion Test). Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah penulis lakukan, baik secara Simultan maupun secara Parsial, diketahui bahwa semua Hipotesis Nul (Ho) “diterima”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang kuliah sambil bekerja, baik secara Simultan maupun Parsial. Hal ini karena pengaruh yang diberikan keduanya terhadap prestasi akademik mahasiswa bekerja hanya sebesar 5,76%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar desain penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:54
Last Modified: 27 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item View Item