Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang

Agustina, Lilia (2018) Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FIX LILIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang” adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu karena siswa kurang berfartisifasi dalam mengikuti pembelajaran guru dalam menggunakan model bervariasi dan hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional, seperti ceramah, tanya jawab sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKN (Kriteria Ketuntasan Minimum). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : a. Bagaimana hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang? b. Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang? C.Apakah ada pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di MIN 2 Kota Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas IV yang berjumlah 31 siswa dengan melihat hasil sebelum dan sesudah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MIN 2 Kota Palembang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, yaitu 2 kali treatmen (pemberian perlakuan) dan 1 kali posttest (setelah diberi perlakuan). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Kota palembang saat treatmen memiliki ratarata nilai 74. Kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebanyak 1 kali pertemuan (treatment) dengan rata-rata nilai posttest 84. Tes diberikan pada saat posttest dengan 20 soal pilihan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Kota Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji “t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 4,045) dan besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5% = 2,00 dan tt.ts 1% = 2,66) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 2,00 < 4,045 > 2,66. Dengan demikian Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaan take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Kota Palembang tidak diterima / ditolak. Dan Hipotesis Alternatifnya (Ha) diterima. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Take and Give dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:55
Last Modified: 27 Sep 2021 07:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item