Pelita, Nurmaya (2017) PENGARUH PROSES BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASDARUL ULUM PEMULUTAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SKRIPSI NURMAYA PELITA 13270082.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan tujuan dari pencapian proses pembelajaran. Tanpa adanya hasil belajar dalam proses pembelajaran maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik. Materi yang dijelaskan oleh guru akan lebih mudah dimengerti oleh siswa apabila dalam proses pembelajaran langsung melibatkan siswa. Ada banyak metode strategi dan tekhnik yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya proses belajar mandiri, strategi ini dapat melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, selain itu proses belajar mandiri ini akan menjadikan siswa berpikir secara mandiri dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas IV sebelum menggunakan proses belajar mandiri pada mata pelajaran IPA, bagaimana hasil belajar siswa kelas IV sesudah menggunakan proses belajar mandiri pada mata pelajaran IPA, dan bagaimana pengaruh proses belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV sebelum menggunakan proses belajar mandiri pada mata pelajaran IPA, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV sesudah menggunakan proses belajar mandiri pada mata pelajaran IPA dan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan proses belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Pre-experimental design (non design) bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa di kelas IV. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling (sampel rambang). Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes dalam bentuk pilihan ganda. Adapun teknik pengumpulan data berupa test (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah TSR dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses belajar mandiri yang digunakan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan proses belajar mandiri. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum menggunakan proses belajar mandiri mendapatkan hasil mean = 47 dan hasil belajar sesudah menggunakan proses belajar mandiri (posttest) mendapatkan hasil mean = 77 dari hasil tersebut dapat dipersentasekan bahwa hasil belajar pre test termasuk dalam kategori rendah karena ini terbukti sebanyak 41,17 % mendapatkan skor rendah. Dan hasil belajar post test termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebanyak 58,83 %. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statisti korelasi product moment diperoleh 2,14<3,22>2,95 to telah diperoleh sebesar 3,22, sedangkan tt = 2,14 dan 2,95 maka to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, Ho ditolak, ini berarti dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara nilai hasil sebelum dan sesudah menggunakan proses belajar mandiri tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:55 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12619 |
Actions (login required)
View Item |