PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI SRIMENANTI KECAMATAN MEKAKAU ILIR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

HARYANI, SUTRI (2016) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI SRIMENANTI KECAMATAN MEKAKAU ILIR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUTRI HARYANI.pdf

Download (74MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan efisiensi, penyelenggaraan pendidikan dan terciptanya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang lebih optimal, maka dukungan dan peran serta masyarakat perlu didorong untuk bersinergi dalam suatu wadah Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah yang mandiri. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran komite sekolah di SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, bagaimana partisipasi masyarakat di SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan faktor apa saja yang mempengaruhi peran komite sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif. Key informan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, Informan kunci yang dimaksut dalam penelitian ini adalah ketua komite sekolah di SMP Negeri Srimenanti. Sedangkan informan pendukung adalah sekretaris komite sekolah, bendahara komite sekolah, kepala sekolah, WK bidang humas, masyarakat (wali murid). Untuk memperoleh data yang akurat maka penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang berupa obsevasi, wawancara, dan dokumen-dokumen SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, kemudian data tersebut dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data sehingga memperoleh data yang relevan dengan penelitian. Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah peran komite sekolah yang ada di SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sudah berjalan namun belum maksimal. Hal ini dilihat dari peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan, sebagai badan pendukung dan mediator sudah telaksana, namun belum melaksanakan perannya sebagai pengontrol. Partsisipasi masyarakat yang ada di SMP Negeri Srimenanti Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sudah maksimal. Meskipun pemerintah tidak memberikan bantuan atau dana BOS untuk memfasilitasi sekolah, dalam hal ini bukan berarti partisipasi yang diberikan masyarakat berkurang. Masyarakat sangat membantu jalannya pendidikan, antusias komite sekolah terhadap pendanaan sekolah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan sumber dana baik pembangunan maupun sarana prasarana berasal dari komite sekolah dan wali murid. Berbagai faktor seperti antusias masyarakat dalam mendukung setiap program sekolah yang dalam hal ini tujuannya untuk memajukan sekolah. serta adanya budaya sekolah yang masih secara kekeluargaan sangat membantu peran komite sekolah dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:56
Last Modified: 27 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item