PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT- SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA DI MTs AN-NUUR PALEMBANG

ILMAN SYAIFUDDIN, BAHRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT- SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA DI MTs AN-NUUR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAHRI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap lembaga pendidikan, didalamnya terdapat kegiatan proses belajar mengajar antara guru dengan peserta didik. Tujuan pembelajaran yang dilakukan oleh setiap individu (anak didik) adalah perubahan diri atas segala sesuatu, dari yang tidak tahu menjadi tahu sehingga kedepannya bisa berguna bagi bangsa, Negara, agama maupun dirinya sendiri. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengembangkan akhlak (perilaku) anak didik dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat maupun dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, peneliti mengangkat penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran concept sentence dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat-sifat Allah dan pembagiannya di MTs. An-Nuur Palembang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah pertama bagaimana hasil belajar siswa pada kelas percobaan (Eksperimen) dengan diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence di MTs An-Nuur Palembang? kedua, bagaimana hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan tidak diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence di MTs An-Nuur Palembang? dan ketiga apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas Percobaan (Eksperimen) dengan diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence dan kelas Kontrol dengan tidak diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sifatsifat Allah Swt dan Pembagiannya di Kelas VII MTs An-Nuur Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran concept sentence dengan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran concept sentence serta perbedaan hasil belajar siswa yang menerapakan dengan tidak menerapkan model pembelajaran concept sentence di MTs. An-Nuur Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa 188, dari populasi tersebut diambil 60 siswa sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus “t”.. Setelah dilakukan penghitungan dan analisis data, maka diperoleh harga t analisa 4, 24 sedangkan harga t untuk derajat besarnya 58. Jadi dari hasil perhitungan tersebut di atas, diperoleh harga t analisa sebesar 4, 24 sedangkan harga t untuk derajat bebas adalah 58 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,57 dan untuk taraf signifikansi 1% adalah 4, 03 atau 2,57 < 4,24 > 4,03. Berdasarkan analisa data tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VII2 Yang Menerapkan Model Pembelajaran Concept Sentence dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII1 Yang Tidak Menerapkan Model Pembeajarn Concept Sentence di MTs. An-Nuur Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:56
Last Modified: 27 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12630

Actions (login required)

View Item View Item