PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG

BAHARI, HAYYU MARIKH (2017) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di kelas XI SMA Negeri 5 Palembang; 2) Bagaimana minat belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Palembang; dan 3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap minat belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 5 Palembang, yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Palembang tergolong dalam indikasi kategori sedang, karena setelah guru Pendidikan Agama Islam tersebut menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Guru tersebut kemudian mengeksplorasi dan mengasosiasi materi pembelajaran bersama para siswa dengan melaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Palembang tergolong dalam indikasi kategori sedang, hal ini terlihat dari 30 siswa yang dijadikan sebagai sampel. Dimana terdapat 9 siswa (30%) yang memiliki indikasi minat belajar dalam kategori tinggi, 16 siswa (46,67%) yang memiliki indikasi minat belajar dalam kategori sedang dan 7 siswa (23,33%) yang memiliki indikasi minat belajar dalam kategori rendah. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Palembang. Hal ini terlihat dari nilai rxy = 0,513 yang lebih besar dibanding nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,374 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 1% dengan nilai 0,478. Saat merujuk pada indeks Korelasi Product Moment, nilai rxy berada pada rentang angka 0,40 – 0,70. Rentang angka 0,40 – 0,70 tersebut menunjukkan bahwa, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki nilai pengaruh yang sedang terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Palembang. Besarnya nilai pengaruh ditunjukkan pada nilai koefisien determinasi yang bernilai 26,30. Itu berarti, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh sebesar 26,30% terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:56
Last Modified: 27 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item