PERANAN GURU AGAMA ISLMA DALAM MENGANTISIPASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PEDAMARAN KECAMATAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

RENI, RENI (2014) PERANAN GURU AGAMA ISLMA DALAM MENGANTISIPASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 PEDAMARAN KECAMATAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, tarbiyah keguruaan tinggi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini termasuk kategori penelitian, yang mengkaji tentang Peranan guru agama Islam dalam mengantisipasi kenakalan siswa di SMA N 1 Pedamaran kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan komering Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru agama Islam dalam mengantisipasi kenakalan siswa, adapun alasan pokok pemikiran tersebut adalah misi keislaman yang bertujuan untuk membina akhlak dan moral para anak remaja (siswa) agar memiliki akhlak mulia dan berkepribadian muslim yang baik dan terhindar dari kenakalan remaja. Oleh karena itu seorang guru harus benar-benar mampu memerankan peranannya sebagai guru yang mempunyai akhlak yang mulia yang dapat menjadi contoh yang baik (uswaatun hasanah) bagi siswa-siswinya. Kenakalan siswa merupakan masalah yang sangat penting dan menarik untuk di bahas dan diteliti karena siswa merupakan bagian dari generasi muda dan merupakan tumpuan harapan bagi masa depan bangsa dan negara serta agama. Kenyataan telah menunjukkan bahwa perubahan zaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Dalam menghadapi situasi yang demikian siswa sering kali memiliki jiwa yang sensitif, yang pada akhirnya tidak sedikit para siswa yang terjerumus akhirnya siswa cenderung melakukan tindakan terhadap hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma sosial dan norma hidup dimasyarakat yang akhirnya siswa cenderung melakukan tindakan yang tidak pantas. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulisan untuk mengadakan penelitian tentang Peranan Guru agama Islam dalam mengatisipasi kenakalan siswa di SMA N 1 Pedamaran, penulis ingin mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa, dan perana guru dalam mengatisipasi kenakalan siswa tersebut. Dalam pembahasan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatip. Sedangkan dalam pengumpulan data diperlukan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulisan mengunakan analisis data kuantatip. Hasil penelitian secara ringkas menunjukan bahwa hal-hal yang menjadi bentuk kenakalan siswa SMA N 1 Pedamaran masih tergolong kenakalan ringan yang tidak sampai melanggar hukum, dan sedangkan yang menjadi faktor penyebabkan kenakalan siswa disebabkan karena adanya pengaruh keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, sedangkan peran guru agama Islam seharusnya mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? CC ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:57
Last Modified: 27 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item