PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER-POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

FAJRIYANSAH, FAJRIYANSAH (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER-POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FAJRIANSYAH 14270033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran PKN kelas V MI Ma’had Islamy Palembang, adapun judul skripsi yang akan dibahas ialah “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Di Madrasah Ibtida’iyah Ma’had Islamy Palembang” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan Strategi pembelajaran Point Counter-Point pada mata pelajaran PKN?. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan trategi pembelajaran Point Counter-Point pada mata pelajaran PKN?. Dan bagaimana pengaruh trategi pembelajaran Point Counter-Point terhadap hasil belajar siswa?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Ma’had Islamy Palembang yang berjumlah 26 orang siswa, dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel. Penelitian merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan tes, dalam penelitian kelas V yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini dihitung degan rumus TSR, presentase, dan korelasi Product Moment. Nilai Pre-test siswa kategori tertinggi sejumlah 5 (19,38%) sedangkan siswa yang mendapatkan nilai sedang berjumlah 17 (65,38%) sementara siswa yang mendapatkan nilai rendah berjumlah 4 orang siswa (15,38%), sedangkan untuk nilai Post-test siswa yang mendapatkan nilai tertinggi sejumlah 6 orang siswa (23,07%), kategori nilai sedang ada 16 orang siswa (61,54%), dan kategori nilai rendah ada 4 orang siswa (15,38%). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment ternyata didapatkan rxy atau fhitung > nilai rtabel untuk α 5% dan α 1% atau 0,388<0,575>0,496 sehingga Ho : ρ > 0 ditolak dan Ha : ρ > 0 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh penerapan strategi pembelajaran Point Counter-Point terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN di MI Ma’had Islamy Palembang. Adapun korelasi dalam penelitian ini termasuk ke dalam korelasi tinggkat agak rendah, yakni berada pada rentang 0,400 sampai dengan 0,600. Kesimpulan yang dapat ditarik ialah, keberhasilan siswa didalam proses belajar mengajar dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang telah diterapkan didalam pembelajaran yang berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:59
Last Modified: 27 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item View Item