IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

MA’RUFAH, ULIL (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ULIL MA’RUFAH (13270134).pdf

Download (76MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Ma’had Islamy Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi whole language dalam pembelajaran menbaca pada siswa MI Ma’had Islamy palembang? (2) Faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesisa di MI Ma’had Islamy Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian studi kasus. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: Pertama, penerapan pendekatan whole language dalam proses pembelajaran pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang itu perlu adanya 1. Tahap menyusun rencana pembelajaran/lesson plan yang digunakan sebagai perencanaan yang di buat oleh guru sebelum mengajar untuk memberikan sebuah arahan dalam pelaksanaan suatu pembelajaran, 2. tahap pelaksanaan dengan mengajarkan bahasa secara utuh (whole) tidak terpisah-pisah, menggabungkan keterampilan membaca, mendengarkan, menulis serta berbicara dalam proses pelaksanaan pembelajaran, 3. Tahap evaluasi pembelajaran yang digunakan di kelas V MI Ma’had Islamy Palembang mencakup 3 ranah penilaian yaitu Penilaian Kognitif, Penilaian afektif dan Penilaian Psikomotorik. Kedua, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendekatan whole language ada dua yaitu 1. faktor yang menghambat yaitu di saat akan memulai diskusi siswa menjadi tidak terkontrol ketika membentuk kelompok serta hambatan lain di saat proses pembelajaran membaca terdapat siswa yang belum mahir membaca. 2. faktor yang mendukung yaitu kemampuan dari guru itu sendiri agar dapat menunjang keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan siswa yang berantusias dalam proses belajar mengajar juga menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan pendekatan whole language. Kata kunci: Pembelajaran, Whole Language, dan MI Ma’had Islamy Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:59
Last Modified: 27 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item