Pengaruh Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang

ISA PUTRI, DWI YUNIARA (2017) Pengaruh Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Adapun masalah dalam penelitian ini yang pertama, Bagaimana keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang? Kedua, Bagaimana aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang? Ketiga, Adakah pengaruh antara keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang? Tujuan penelitian ini yang Pertama, untuk mengetahui keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Kedua, untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh antara keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 301 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 38 peserta didik. Penelitian ini menggunaakan dua jeniss dta yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dalam penelitian ini adalah peserta dididk kelas VIII sebagai sampeel dan data yang diperoleh dari guru PAI, sedangkan data sekunder dokumentasi dari pihak sekolah dan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Tekni pengumpulan dta dalam penelitian ini adalah metode obsevasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisiss dengan teknik menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII 7. Hal ini terbukti setelah diketahui tt ( ) dan dikonsultasikan dengan ttabel baik taraf signifikasi 5% maupun 1% yaitu ; 1,99 < 3,56 > 2,64. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:00
Last Modified: 27 Sep 2021 08:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item