KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PANGKALAN BALAI

WULANSARI, PUTRI (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PANGKALAN BALAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi CD.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hypothetical Learning Trajectory (HLT) merupakan alur belajar yang dirancang dalam pembelajaran terdiri dari aktivitas siswa, tujuan pembelajaran dan hipotesis. Peran HLT dapat membantu pemahaman konsep siswa pada pembelajaran melalui aktivitas yang dilakukan dan tujuan pembelajaran. HLT ini mengkonstruk ide matematika siswa dengan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan desain HLT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Empat puluh siswa terlibat dalam penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini berupa adanya ketidakterlaksanaan HLT pada pembelajaran dan diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebanyak 32 orang berkemampuan rendah, 5 orang berkemampuan sedang dan 3 orang berkemampuan tinggi. Kata kunci: HLT, Pemahaman konsep matematis, PMRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:00
Last Modified: 27 Sep 2021 08:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item