HASBULLAH, HASBULLAH (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
skripsi hasbul.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih metode, model, dan strategi yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar atau materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah memahami, mencerna, dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan modalitas ataupun gaya belajar yang dimiliki tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII sebelum menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning di MTs Paradigma Palembang. Bagaimana pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas VII materi sucikanlah di MTs Paradigma Palembang, serta bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran Fiqih kelas VII materi sucikanlah di MTs Paradigma Palembang. Jenis penelitian ini adalah peneilitian kuantitatif korelasional, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan pertama (first hand data), dan data sekunder berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan kedua (second hand data). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu : Pertama, hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas VII materi sucikanlah di MTs Paradigma Palembang tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 18 siswa (75%). Kedua, hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas VII materi sucikanlah di MTs Paradigma Palembang juga tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 12 siswa (50 %). Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Learning terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa t0 lebih besar daripada tt yang berarti hipotesis nihil ditolak, dengan hasil harga t0 > tt baik pada taraf 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan perincian 2,06 < 38,81 >2,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas VII materi sucikanlah di MTs Paradigma Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | ?? Manajemen_Pendidikan_Islam(S2) ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12725 |
Actions (login required)
View Item |