PENERAPAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KELEKAR KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM

KUSRINI, MINI (2017) PENERAPAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KELEKAR KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi S1 Fixs (MINI KUSRINI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara spesifik, penelitin ini berjudul ‘’Penerapan Metode Pembelajaran Questions Student Have kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman Kepada Rasul Allah Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kelekar Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim”. Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan yakni proses belajar mengajar yang terjadi kurang interaktif antara guru dan anak didik, sehingga hasil belajar yang dicapai kurang optimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran Questions student have pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi iman kepada rasul Allah di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kelekar Kecamatan kelekar kabupaten muara enim? Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran Questions student have pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi iman kepada rasul Allah di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kelekar Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim? Apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran Questions student have dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran Questions student have pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi iman kepada rasul Allah di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kelekar Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Posstest�Only Control Design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kelekar Kecammatan Kelekar Kabupaten Muara Enim kelas dan sampelnya adalah kelas VIII.1 untuk kelas eksperimen dan VIII.2 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk menguji kebenaran hipotesis data yang telah diperoleh dari hasil post-test peneliti menggunakan rumus uji t pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan metode pembelajaran Questions student have dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran Questions student have, hal itu terbukti dari perhitungan dengan rumus uji-t pada post test dengan kriteria yang berlaku, dari perhitungan data diperoleh thitung sebesar 16,6. Kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan df = (n1+n2)-2 = (35+34)-2 = 67 dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,00 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,65. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung> ttabel atau 2,00<16,6>2,65 Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diterapkan metode belajar Questions student have dengan siswa yang tidak diterapkan metode Questions student have kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi iman kepada rasul Allah SWT di SMP Negeri I Kelekar Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:01
Last Modified: 27 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item