PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBUTAN KAB. BANYUASIN

NUBA, NUBA (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBUTAN KAB. BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NUBA 13210194.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah seorang pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan menilai siswa. Untuk menjadi guru seseorangwajib memiliki kualitas yang terkait dengan tingkat pendidikan formal. Kemampuan dasar atau kompetensi harus dimiliki guru agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kemampuan pengetahuan guru, meliputi pemaham anter hadap peserta didik, perencanaandan pelaksanaan pem belajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya Kompetensi guru di sekolah berkaitan dengan kemampuan seorang guru untuk mengelola program pembelajaran, kompetensi guru mencakup kemampuan guru untuk merencanakan program pembelajaran, melaksanakan program pembelajaran dan mengevaluasi program pembelajaran. Skripsi ini berjudul:Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Rambutan Kab. Banyuasin. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik Guru PAI, bagaimana motivasi belajar siswa dan adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Rambutan Kab. Banyuasin Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa dan adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Rambutan Kab. Banyuasin, sebagai penunjang penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dapat mempengaruhi motivasi belajar di SMAN 1 Rambutan Banyuasin dikategorikan sedang. Hal ini terbukti dengan sebanyak 23 orang (74%) dari 31 orang responden penelitian mendapat skor dengan kualifikasi sedang.Adapun motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Rambutan Banyuasin dikategorikan sedang.Hal ini terbukti dengan sebanyak 20 orang (64 %) dari 31 orang responden penelitian mendapat skor dengan kualifikasi sedang.Ada pengaruh kompetensi pedagogi guru Pendidikan Agama Islam dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai (r) table (product moment) padataraf signifikasi 5 % sebesar 0,367 dan tarafsignifikasi 1 % sebesar 0,470. Dari hasil tersebut terlihat bahwarxy = 0,743 lebih besar dari taraf signifikasi 5 % dan tarafsignifikasi 1%. Dengan demikian maka hipotesa alternatif Ha diterima yang berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara variable X (kompetensi pedagogi guru PAI) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa). Dengan demikian apabila kompetensi pedagogik guru PAI baik maka motivasi belajar siswa juga baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:02
Last Modified: 27 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item