SETIA RAHAYU, EVA (2013) PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
eva setIa rahayu 13270035.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah wathoniyah Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? (3) Adakah pengaruh metode Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 29 siswa di kelas VB. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes dalam bentuk pilihan ganda. Adapun teknik pengumpulan data berupa test (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah TSR dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode Teams Games Tournament dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode Teams Games Tournament. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum menggunakan metode Teams Games Tournamnet mendapatkan hasil mean = 48,8 dan hasil belajar sesudah menggunakan metode Teams Games Tournament (posttest) mendapatkan hasil mean = 87,07 dari hasil tersebut dapat dipersentasekan bahwa hasil belajar pre test termasuk dalam kategori rendah karena ini terbukti sebanyak 10 % mendapatkan skor rendah. Dan hasil belajar post test termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebanyak 17,24 %. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik korelasi product moment diperoleh 0,381<2,88>0,481 ro telah diperoleh sebesar 2,88 sedangkan rt = 0,381 dan 0,481 maka ro lebih besar dari pada rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, Ho ditolak, ini berarti dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara nilai hasil sebelum dan sesudah menggunakan metode Teams Games Tournament tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:02 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12746 |
Actions (login required)
View Item |