PEMBIASAAN SHALAT FARDHU PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TARGHIB-TARHIB DI TAMAN KANAK-KANAK AZ-ZAHIRAH PALEMBANG

INDIGO, ISMAIL (2017) PEMBIASAAN SHALAT FARDHU PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TARGHIB-TARHIB DI TAMAN KANAK-KANAK AZ-ZAHIRAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi Ismail fixs.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shalat merupakan ibadah yang paling utama dalam ajaran Islam, bahkan shalat adalah tiang agama, barangsiapa yang mendirikan shalat berarti dia menegakkkan agama, akan tetapi barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti dia meruntuhkan agama, maka dari itu pada anak-anak usia dini perlu dilakukan pembiasaan, agar mereka terbiasa shalat sejak mereka anak-anak meskipun belum dilaksanakan secara sempurna, untuk pembiasaan ini peneliti menggunakan metode qur’ani yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yaitu metode targhibtarhib yang merupakan suatu metode dengan cara memotivasi atau merangsang anak didik, dan memberikan tindakan atau hukuman yang sesuai untuk mendidik anak-anak, Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk membuat anak-anak agar dapat terbiasa melakukan pembiasaan khususnya ibadah shalat fardhu, untuk itu peneliti menggunakan metode targhib-tarhib untuk pembiasaan shalat fardhu pada anak�anak usia dini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembiasaan shalat fardhu pada anak usia dini dengan menggunakan metode targhib-tarhib di taman kanak-kanak Az-Zahirah Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk membiasakan anak-anak melaksanakan shalat fardhu dalam kesehariannya, dan agar terbiasa sejak dini, dalam melakukan pembiasaan ini peneliti menggunakan metode targhib-tarhib, pada anak-anak di taman kanak-kanak Az-Zahirah Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan eksperimen menggunakan angka-angka, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah anak-anak TK- Az-Zahirah Palembang, dan yang menjadi sampel adalah anak kelas B.1 yang berjumlah 12 anak, dan anak di kelas B.2 berjumlah 12 orang anak, kelas B.1 sebagai kelas kontrol dan B.2 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Rumus untuk menganalisis data memakai R x Q1 dan R Q2 dalam keadaan dua sampel kecil yang tidak saling berhubungan. Hasil pembiasaan menunjukkan bahwa penerapan metode targhib-tarhib terhadap pembiasaan anak jadi meningkat. hal ini terlihat dari adanya peningkatkan hasil pembiasaan anak dari Mean (rata-rata) pada kelas eksperimen sebesar 79,8. Yang sebelumnya pada saat pembiasaan dan kelas kontrol nilai yang di observasi dengan nilai yang didapat sebesar 39.8 Dalam penerapan metode targhib-tarhib mempunyai perbedaan yang sangat signifikan, dari hasil pembiasaan menunjukkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembiasaan shalat fardhu di taman kanak-kanak Az-Zahirah Palembang. berdasarkan perbandingan nilai “t” maka t0 lebih besar dari pada tt baik taraf signifikan 5% pada taraf signifikan 1% yakni 2,04 < 4,14 > 2,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode targhib-tarhib pada kelas eksperimen itu lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan pembiasaan tanpa penerapan metode targhibtarhib pada shalat fardhu, di taman kanak-kanak Az-Zahirah Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:03
Last Modified: 27 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item