ETIKA GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF KIAI HASYIM ASY’ARI ( TELAAH TERHADAP KITAB ‘ADABUL ALIM WALMUTA’ALIM)

DIGUNA, AFDALA (2017) ETIKA GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF KIAI HASYIM ASY’ARI ( TELAAH TERHADAP KITAB ‘ADABUL ALIM WALMUTA’ALIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
benar skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian Etika Guru dan Murid Dalam Pembelajaran Perspektif KIAI Hasyim Asy’ari (Telaah Terhadap Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim). Penelitian ini berangkat dari penomena disintegrasi yang terjadi pada dunia pendidikan di Indonesia saat ini, dengan latar belakang ini peneliti mencari literatus klasik yang membahas tentang bagaimana etika di duni pendidikan. Dipilihnya Kiai Hasyim Asy’ari dengan karangannya yaitu Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dengan pertimbangan 1. Kiai Hasyim Asy’ari Kiai Hasyim Asy’ari telah menyediakan sebuah risalah kependidikan yang banyak membicarakan tentang etika guru dan murid yang disusun secara khusus, yang berjudul Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, 2. Kiai Hasyim Asy’ari yang mewarnai pendidikan di Indonesia dan di kalangan pondok pesantren. Dengan penelitian ini diharapkann peneliti mampu menggali hasil pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari yaitu tentang bagaimana seharusnya guru dan murid ber-etika serta bagaimana hubungan etika guru dan murid dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Perpustakaan (library research). Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Content Analysis. Metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir Kiai Hasyim Asy’ari yang tertuang pada Adabul’alim Wal Muta’alim tentang etika guru dan murid serta hubungan etika guru dan murid dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah : Etika seorang guru secara keseluruha dalam pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari dalam proses pembelajaran terangkai menjadi kesatuan yang utuh, Kiai Hasyim Asy’ari bagi seorang guru adalah ketenangan, sikap lemah lembut dalam bergaul lalu Kiai Hasyim Asy’ari meletakan guru pada posisinya yaitu manusia biasa yang diberi tanggung jawab memperbaiki manusia dengan ilmu dan Akhlak (etika). Etika murid dalam perspekti Kiai Hahim Asy’ari menempatkan murid memberikan penghormatan yang tinggi terhadap seorang guru. etika bagi serang murid dalam belajar adalah senantiasa memproritaskan pelajaran dari yang terpenting sampai yang terdalam pembahasannya, dan menyarankan bagi siapa saja peserta didik agar fokus pada materi pembelajaran dan jangan terlalu memikirkan perbedaan pendapat atau pandangan terhadap hal-hal yang membingungkan dan mengalihkan fokus dari tujuan belajar. Hubugan etika guru dan murid sesungguhnya bentuk rasa saling menghormati dan percaya yang dibangun atas kesadaran dan takzim diantara kedua komponen dalam pembelajaran yang tidak bisa dipisahkan, etika dalam berinteraksi diantara guru dan murid adalah implementasi dari ketaatan kepada Allah dan RosulnNya, hubungan etika guru dan murid dalam pandangan Kiai Hasyim Asy’ari tergambarkan dengan bangunan yang kokoh yaitu saling melengkapi saling mengisi dan saling menghormati demi terwujudnya insan yang memahami Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:03
Last Modified: 27 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item