PERAN GURU DALAM MENERAPKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG

maryati, ana (2017) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ANA MARYATI (13270004).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul peran guru dalam menerapkan disiplin belajar siswa pada pembelajaran fikih di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang, untuk mengetahui peran guru dalam menerapkan disiplin belajar siswa pada pembelajaran Fikih di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan disiplin bealajar siswa pada pembelajaran Fikih di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menyajikan gambaran secara empirik tentang peran guru fikih dalam menerapkan disiplin belajar siswa kelas V. Informan data dalam penelitian ini yakni 1 guru mata pelajaran fikih kelas V dan 30 siswa kelas V. Teknik pengambilan sample atau informan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggukankan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data meruduksi data, menyajikan data dan kemudian menarik kesimpulan dari data yang telah disajikan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari beberapa hal yakni:a) patuh terhadap aturan sekolah, b) rajin dalam melakukan tanggung jawab atau kewajiban, c) mengerjakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sedangkan peran guru sebagai pendidik dalam menerapkan disiplin belajar siswa dalam pembelajaran fikih adalah dengan melakukan beberapa hal yakni: a) mempelajari nama-nama peserta didik secara langsung, b) membuat atau melakukan sesuat yang berbeda dan bervariasi, c) membuat peraturan dan tugas yang jelas dan tegas. Kemudian faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam menerapkan disiplin belajar siswa yakni: a) faktor pendukungnya yakni kesadaran diri untuk berdisiplin dalam belajar, kerjasama dan dukungan dari orang tua, dan sebagai wali kelas karena memungkinkan guru memiliki waktu lebih lama untuk medisiplinkan siswa. b) faktor penghambatnya yakni kurangnya kesadaran untuk berdisiplin dari beberapa siswa, karakter siswa yang masih suka untuk banyak bermain, dan kuranya waktu untuk guru dalam menerapkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:03
Last Modified: 27 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item