UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASRIYAH TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KADIR, ZAYYADI ALI (2018) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASRIYAH TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ZAYYADI ALI KADIR 13210315.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki fungsi yang sangat dominan dan penting. Bagi siswa, guru sering dijadikan sebagai teladan, bahkan menjadi tokoh panutan dalam setiap perbuatan. Selain itu guru adalah motivator dan konsultan amak didik dalam banyak hal sekaligus hal keagamaan. Oleh karena itu, dalam memberikan nilai-nilai keagamaan kepada siswa, yang mempunyai andil lebih besar adalah guru agama, baik dilingkungan masyarakat atau pun sekolah, di masyarakat misalnya seorang kyai atau ustad/za sebagai guru agama dalam memberikan bimbingan dan pembinaan tentang tata cara melakukan sholat berjama‟ah dan menjelaskan hikmah dari melakukan kegiatan sholat berjama‟ah. Tujuan dari penelitian pertama, untuk memahami upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti sholat berjamaah di madrsah Ibtidaiyah Nasriyah Tanjung Baru Kec. Tajung Lubuk kab. OKI. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti sholat berjamaah di madrasah ibtidaiyah nashriyah tanjung baru kec. tanjung lubuk kabupaten OKI. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan tentang Uapaya Guru Fiqih Dalam Meningktakan Motivasi Siswa Mengikuti Sholat Berjamaah Di Madrasah Ibtidiyah Nashriyah Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komeringilir. Sumber data penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data skunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung di lapangan, sedangkan data skunder merupakan sumber data yang mendukung dan bersumber dari literatur-literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam (Depth Interview) dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan diklasifikasikan selanjutnya dianalasis dan diambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, Upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti sholat berjamaah di madrasah sudah cukup baik, guru tidak hanya memberikan motivasi, namun guru juga memberikan pengarahan, menggairahkan , mengontrol rutinitas, mengarakan, memeberikan pujian. Kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan sholat berjamaah di madrasah, Faktor pendukung meliputi adanya kerja sama guru, dan sarana prasarana di MI nasriayah tanjung baru kecamatan tanjung lubuk kabupaten OKI. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya tempat wudhu' dan keadaan masjid yang tidak sesui dengan keadaan siswadi sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:34
Last Modified: 27 Sep 2021 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item