PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI INAYATULLAH GASING

HUSNAH, RAUDOTUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI INAYATULLAH GASING. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KESELURUHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang melibatkan interaksi siswa yaitu model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di MI Inayatullah Gasing. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur, dan juga pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Inayatullah Gasing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur, dan juga untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Inayatullah Gasing. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitiaan Eksperimen Pre-Experimental Design (non design) bentuk The One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas V. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 10 soal. Teknik analisis data adalah TSR dan Korelasi Product Moment. Sumber data yaitu primer dan sekunder dan jenis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur yang digunakan dapat mengetahui hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur mendapatkan hasil mean = 42 dan hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur (posttest) mendapatkan hasil mean = 85 dari hasil persentase hasil belajar pre-test dengan katagori rendah 47,84%. Hasil belajar post test dengan katagori tinggi dengan persentase 36,67%. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik korelasi product moment diperoleh signifikasikan 5% maupun Pada taraf signifikasikan 1%. Dengan demikian, Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikasi hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:34
Last Modified: 27 Sep 2021 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item