PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI DAKWAH RASULULLAH SAW DI MEKAH KELAS X DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG

ADELIANI, DHEVI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI DAKWAH RASULULLAH SAW DI MEKAH KELAS X DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yakni variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Advance Organizer sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari di semester genap tahun ajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 15 Palembang. Sampel penelitian satu kelas yakni kelas X IPA 1 yang berjumlah 43 siswa dengan non muslim 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan bentuk instrument yang digunakan berupa 20 butir soal pilihan ganda pretest dan posttest, untuk melihat hasil belajar siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 % dan 1%. Dengan dk sebesar 40 kita berkonsultasi dengan Nilai “t” pada tabel dengan taraf signifikan 5 % hasilnya didapat ttabel = 1,68 Dengan demikian t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu : 24,91 > 1,68. Dan pada tabel dengan taraf signifikan 1% hasilnya didapat ttabel = 2,42. Dengan demikian t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu : 24,91 > 2,42. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan kenaikan persentasi hasil belajar dari sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan model pembelajaran Advance Organizer katagori tinggi sebesar 7,31%, katagori sedang 19,51% dan katagori rendah 12,19%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi dakwah Rasulullah saw di Mekah kelas X IPA I SMA Negeri 15 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:34
Last Modified: 27 Sep 2021 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item View Item