PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

SIDIK, SYAHRIL (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HAL JUDUL-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi-materi pelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik sekali jika disampaikan dengan model pembelajaran yang tepat. Sehingga ketika membuat sebuah pelajaran jadi lebih bermakna. Seiring Namun sekarang sudah banyak guru yang mengembangkan model pembelajaran yang cocok dan sesuai untuk siswa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu model pembelajaran yang bermakna tersebut adalah Model Pembelajaran Tematik. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran tematik pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang?, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang?, dan 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang ?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penggunaan preekperimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas V sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, penerapan model pembelajaran tematik yang dilaksanakan praktek langsung selama 6x pertemuan dengan hasil yang baik. Hasilnya \dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran tematik mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase keterampilan menulis kalimat siswa pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 2 orang siswa (7,41%), nilai sedang 18 orang siswa (66,67 %), dan nilai rendah 7 orang siswa (25,93 %) sedangkan pada posttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (11,11%), nilai sedang 20 orang siswa (74,07%), dan nilai rendah 4 orang siswa (14,81%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0= -8,396) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%= 2,06 dan tt.ts.1%= 2,78 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt ; yaitu 2,06<8,40>2,78. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:35
Last Modified: 27 Sep 2021 08:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12772

Actions (login required)

View Item View Item