PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SKRIPSI

LESTARI, DWI (2018) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SKRIPSI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Lestari Pend. Matematika (13221017).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pnedidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhdapa kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only contol design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Palembang dengan populasi seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga didapat kelas VII.9 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pendekatan saintifik sebagai pembandingnya. Penelitian dilaksanakan selama masing-masing tiga kali pertemuan, dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk post-test. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan dengan merekam proses pembelajaran di kelas eksperimen guna untuk mengontrol keterlaksanaan PMRI yang nantinya akan dideskripsikan pada deskripsi kegiatan. Karakteristik PMRI sudah terlihat sejak pertemuan pertama, hanya saja sikap siswa saat belajar yang menjadi perbedaan antara pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Tes digunakan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Berdasarkan analisis hasil tes, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini berarti bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMRI mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan dan , sehingga yang menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palembang. Kata kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), kemapuan berpikir kreatif siswa vii

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:35
Last Modified: 27 Sep 2021 08:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item