PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH IKHLASIYAH PALEMBANG

ARYADY, AGUS (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH IKHLASIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
agus aryady 11270801.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Al quran hadis di madrasah ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkannya model pembelajaran untuk menyajikan materi pembelajaran. Adapun model pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan peserta didik di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Dengan penerapan model pembelajaran yang baik dan tepat oleh guru diharapkan siswa akan lebih mudah menerima, memahami, dan mengerti tentang materi yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Tutor Sebaya yang digunakan adalah pada mata pelajaran Al Quran Hadis dengan materi mengartikan surah pendek dan hadis. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sebelum diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Al Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sesudah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Al Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang? 3) Adakah perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Al Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang? Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sehingga dengan teknik analisis data kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka-angka menggunakan rumus tes “t”, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajr siswa kelas V pada mata pelajaran Al Quran Hadis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di madrasah ibtiaiyah Ikhlasiyah Palembang sebelum diterapkan model pembelajaran tutor sebaya nilai rata-ratanya yaitu 58 sedangkan hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran tutor sebaya nilai rata-ratanya 84, hipotesa alternative diterima dengan rincian to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan perincian 2,08 < -13,2 > 2,83 berarti hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya perbedaan nilai hasil belajar antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pemelajaran Tutor Sebaya merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:35
Last Modified: 27 Sep 2021 08:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item