UMIATI, UMIATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAPMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS KHOIRUL KASBI DESA PALDAS KEC. RANTAU BAYUR KAB. BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SKRIPSI FULL UMIATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits di MTs Khoirul Kasbi Desa Paldas Kec. Rantau Bayur Kab. Banyuasin”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni kurangnya motivasi belajar yang dimiliki siswa MTs Khoirul Kasbi Paldas. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran al-Qur‟an Hadits Sebelum diterapkan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton)? Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran al-Qur‟an Hadits Setelah diterapkan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton)? Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran al-Qur‟an Hadits di MTs Khoirul Kasbi Paldas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton) berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits dan kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dalam proses belajar berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik One Group Pre test Post test Design. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan angka seperti hasil pre-test dan post-test, jumlah guru, jumlah siswa dan sarana prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru Al-Qur‟an Hadits, data yang bersifat menggambarkan sejarah sekolah MTs Khoirul Kasbi Paldas serta kondisi sekolah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa MTs Khoirul Kasbi Paldas. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi sekolah MTs Khoirul Kasbi Paldas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Khoirul Kasbi Paldas yang berjumlah 24 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, motivasi belajar sebelum penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton) tergolong dalam kategori rendah sebanyak 5 orang siswa dengan presentase 21 %. Kedua, motivasi belajar setelah penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton) tergolong dalam kategori sedang terdapat 15 orang siswa dengan presentase 63 %. Ketiga, penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetiton) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitung sebesar 4,93 kemudian di konsultasikan dengan ttabel dengan dk=n‒1= 23 dengan taraf signifikan 1% dan 5% yaitu sebesar 2,069 dan 1,714. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung > ttabel atau 4,93 > 2,069 dan 1,714 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Khoirul Kasbi Paldas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? AZ ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12819 |
Actions (login required)
View Item |