UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMOTIVASI SISWI BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CEMPAKA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT)

ermita sari, okta (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMOTIVASI SISWI BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CEMPAKA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI OKTA ERMITA SARI_13210202.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Memotivasi Siswi Berbusana Muslimah Di Sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT).” Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Memotivasi Siswi Untuk Berbusana Muslimah Di Sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), (2) Bagaimana Motivasi Siswi Untuk Berbusana Muslimah Di Sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT),(3)Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Siswi Untuk Berbusana Muslimah Di Sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT). Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui seberapa besar upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi berbusana muslimah, untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswi untuk berbusana muslimah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi untuk berbusana muslimah di sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif terdiri dari data yang dilakukan dengan menjelaskan, menggambarkan, dan menguraikan pokok permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini kemudian ditarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa data yang dihimpun dari siswi, guru dan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku-buku dan dokumentasi sekolah di SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Hasil pada penelitian ini adalah yang pertama, upaya Guru Pendidikan Agama Islam memotivasi siswi berbusana muslimah sudah cukup baik di sekolah SMP Negeri 1 Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur di karenakan guru selalu memberikan contoh/cara berpakaian yang baik dan sopan dipandang mata dan guru selalu memberikan nasehat kepada siswinya untuk memakai pakaian busana muslimah. Kedua motivasi siswi berbusana muslimah sudah cukup baik meskipun belum memenuhi kriteria berbusana muslimah dengan baik. Ketiga faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung yaitu faktor keluarga, Guru Pendidikan Agama Islam, dan sedangkan faktor penghambat yaitu faktor diri sendiri, dan lingkungan tempat tinggal yang masih banyak belum menggunakan busana muslimah. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa seorang guru sangat berperan aktif bagi seorang siswi, karena seorang guru memberikan pengarahan ataupun nasihat yang baik supaya siswi berbusana muslimah lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:42
Last Modified: 27 Sep 2021 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12820

Actions (login required)

View Item View Item