AINURROFIQ, MUHAMMAD (2018) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN PLAJU DARAT PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Muhammad Ainurrofiq (14210127).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kewibawaan guru sangatlah diperlukan dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan efisien, membuat siswa menjadi patuh dan tunduk tanpa adanya paksaan dan menciptakan hasil belajar yang baik. Hasil belajar siswa pula dapat ditingkatkan kembali, dengan cara memperhatikan pendapat-pendapat dan menunjukkan tindakan-tindakan yang berpengaruh positif terhadap peserta didik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) Bagaimana kewibawaan guru PAI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang?; (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang?; (3) Adakah pengaruh kewibawaan guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kewibawaan guru PAI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kewibawaan guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang berjumlah 126, dari jumlah populasi tersebut peneliti tertarik mengambil sampel yang berjumlah 30 siswa pada kelas XI.A dan XI.B. Sumber data primer yaitu data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti dari sumber pertama atau tempat objek penelitian dilakukan. Data yang telah diperoleh melalui angket dan dokumentasi terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian direkapitulasi dan dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus uji coba instrumen (validasi), product moment, TSR, dan analisis lanjut koefisien determinan. Berdasarkan hasil penelitian yang tlah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Guru PAI di MA Ar-rahman Kec. Plaju Darat memiliki kewibawaan yang tinggi. Dengan taraf kewibawaan guru yang tinggi mencapai 66,66% atau dari 20 siswa, selanjutnya ada 9 siswa yang mengungkapkan pendapat kewibawaan guru PAI yang berada di taraf sedang atau mencapai 30% dan untuk kategori rendah terdapat hanya 1 siswa yang mengungkapkan pendapatnya atau mencapai 3,3%. (2) Siswa kelas XI memiliki hasil belajar yang bervariasi. Kategori tinggi mendapat nilai di atas 85 berjumlah 14 siswa mencapai 46,66%, untuk kategori sedang mendapat nilai antara 74 hingga 84 berjumlah 14 siswa mencapai 46,66% dan untuk kategori rendah mendapat nilai di bawah 73 berjumlah 2 siswa mencapai 6,66%. (3) Setelah data dianalisis dengan menggunakan sistem korelasi product moment dan diperoleh rxy sebesar 0,90, kemudian dikonsultasikan tabel r product moment dengan N = 30, maka diperoleh r pada taraf signifikasi 5 % sebesar 0,374. Dikarenakan rxy lebih besar dari rtabel (0,90 > 0,374). Hasil analisis tersebut menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kewibawaan guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Ar-Rahman Kec. Plaju Darat Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:43 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12827 |
Actions (login required)
View Item |