PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

Grestian, Rengga (2017) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 RAMBANG DANGKU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rengga Grestian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan teknologi adalah dua hal yang menjadi keutamaan. Di era globalisasi dunia telah mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan dan teknologi. Pendidikan merupakan cerminan dan menjadi tombak penentu kualitas suatu bangga. Semakin baik pendidikan maka semakin baik pula kualitas bangsa terhadap suatu program pendidikan. Dalam dunia modern pendidikan dan teknologi memiliki keterkaitan yang erat. Teknologi menjadi alternatif untuk menyampaikan ilmu sedangkan pendidik berperan sebagai fasilitator penyampai teknologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambang terhadap pemanfaatan media audio visual. Apakah terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa kelas X. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas X 7 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus uji-t pada hasil skor angket siswa diperoleh t hitung sebesar 2, 73 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan dk=(n1+n2-2) atau 36+35-2=69 dengan taraf signifikasi 5 % yaitu 2.00. Setelah dikonsultasikan ternyata t hitung˃t tabel atau 2,73˃2.00. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol yang tidak memanfaatkan media audio visual dengan kelas eksperimen yang memanfaatkan media audio visual di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang memanfaatkan media audio visual dengan yang tidak memanfaatkan media audio visual. Untuk itu disarankan memanfaatkan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Rambang Dangku

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:43
Last Modified: 27 Sep 2021 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item