PERSEPSI SISWA TENTANG BIMBINGAN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI 2 LINGKIS KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

ROYANI, IDA (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG BIMBINGAN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI 2 LINGKIS KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
IDA ROYANI 14270049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Siswa Tentang Bimbingan Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SD Negeri 2 Lingkis Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persepsi dari siswa-siswa yang mengikuti lembaga bimbingan belajar mengenai lembaga bimbingan belajar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif, yaitu berupa data yang berupa angka-angka yang dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk menguji validasi butir soal dengan teknik empiris pada tiap item soal menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas. Sedangkan data kualitatif dengan analisis deskriptif non angka yang dimaksud kan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa yang mengikuti bimbingan belajar nonformal dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar nonformal. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara serta dokumentasi, tes serta angket sebagai pendukung pada penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi siswa terhadap lembaga bimbingan belajar ditinjau dari kebutuhan juga sudah terpenuhi secara keseluruhan. Ditinjau dari kebutuhan, siswa memiliki persepsi bahwa lembaga bimbingan belajar sesuai dengan apa yang siswa butuhkan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa di sekolah serta meningkatkan kualitas belajar siswa yang lebih aktif dan lebih tersistematis pola belajar siswa untuk mencapai standar kompetensi yang diterapkan di sekolah tersebut, (2) persepsi siswa terhadap lembaga bimbingan belajar ditinjau dari harapan secara keseluruhan sudah terpenuhi namun ada sebagian siswa belum tercapai karena tidak mengikuti bimbingan belajaar nonformal selain di sekolah, jika dilihat berdasarkan harapan-harapan siswa terhadap peran lembaga bimbingan belajar secara keseluruhan. Para siswa juga memiliki persepsi bahwa peran lembaga Bimbingan Belajar dapat menunjang prestasi belajar mereka di sekolah, (3) hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar nonformal hampir 90% kualitas belajar di sekolah meningkat dan lebih aktif, sedangkan yang tidak mengikuti bimbingan belajar nonformal kualitas belajarnya di sekolah terbilang sedang. Kata kunci: Pesepsi siswa, Lembaga Bimbingan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LA ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:43
Last Modified: 27 Sep 2021 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item View Item