IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG

PURNAMASARI, NUR (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR PURNAMA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah (1) bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif yang dimulai dari perencanaan dan pelaksanaan, (2) bagaimana strategi guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif, (3) apa faktor penghambat dan pendukung manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis semua data lapangan kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan menjadi evaluasi bagi guru bahwasanya betapa pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif yang terbagi menjadi dua yaitu; (a) perencanaan: adanya RPP, (b) pelaksanaan manajemen kelas dalam proses belajar mengajar: memotivasi siswa agar berkonsentrasi, mengkondisikan siswa untuk siap belajar dikelas, memberi stimulus agar aktif di kelas, ruang kelas dengan ukuran 63 m2, tempat duduk dirolling dan dibuat bervariasi, menggunakan metode yang tepat dan bervariasi, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disajikan, memanfaatkan lingkungan, buku guru, pola interaksi edukatif dan komunikatif. (2) Strategi yang dilakukan guru adalah mengkondisikan siswa untuk siap belajar dikelas, belajar berkonsentrasi, menggunakan metode yang tepat dan bervariasi, berinteraksi secara edukatif dan komunikatif, dan menggunakan media sesuai dengan materi yang disajikan. (3) Faktor penghambat dalam pembelajaran adalah siswa dan lingkungan, dan faktor pendukungnya adalah tersedianya fasilitas sarana dan prasarana, terjalinnya koordinasi yang baik antara guru, wali kelas dan kepala sekolah dan dukungan dari orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:43
Last Modified: 27 Sep 2021 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item